Friday, June 9, 2017

Hubungan Manusia Dengan Makhluk Individu

Hubungan Manusia Dengan Makhluk Individu - Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut, yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan yang lebih kecil.Pada dasarnya, setiap individu memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Individu yang saling bergabung akan membentuk kelompok atau masyarakat. Individu tersebut akan memiliki karakteristik yang sama dengan kelompok di mana dirinya bergabung. Namun pada intinya yang dimaksud daripada Makhluk Individu adalah Manusia pada umumnya, seperti teman, saudara, tetangga dll.

Hubungan Manusia dengan Makhluk Individu

Sebagai seorang manusia, tidaklah mampu bertahan hidup secara mandiri (sendiri) tanpa bersosialisai, berhubungan, bekerjasama dengan makhluk sesamanya (individu). Didalam Islam sendiri (Qur’an) terdapat banyak ayat yang menjelaskan bahwa manusia dengan manusia yang lain mesti hidup berdampingan, saling berbuat baik, berlaku adil, saling menyayangi, menghormati hak-hak satu sama yang lain, tolong-menolong dalam hal kebajikan gunanya untuk menciptakan kesejahteraan, keteraturan (harmoni) dalam hidup bermasyarakat.

"Sesungguhnya Allah SWT. menyuruh berlaku adil dan berbuat kebaikan dan memberi kepada kaum kerabat ; dan melarang dari perbuatan keji, dan hal yang tidak disenangi, dan memberontak. Dia memberi kamu nasihat supaya kamu mengambil pelajaran.(Q.S. An-Nahl:91)

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (Q.S. Al-Mâidah:2)

Demikianlah pembahasan kami tentang Hubungan Manusia Dengan Makhluk Individu. Semoga saja bermanfaat untuk kita semua untuk senantiasa menjaga hubungan antar individu dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dan terima kasih telah menyimak.